Kamis, 15 November 2012

Yoga untuk Ibu Hamil


yoga untuk para ibu hamil selain membuat bayi sehat, juga bisa untuk membuat bayi lebih merasa tenang dan nyaman, ada juga yamh mengatakan yoga bisa mengurangi resiko pada ibu hamil. 
semua ibu yang sedang hamil tentunya mengharapkan bayi yang dilahirkan sehat,dan berbagai carapun pasti akan di lakukan agar bayi yang di kandungnya dapat sehat sampai dilahirkan,adapun cara yang dilakukan para ibu hamil antara lain dengan menjaga pola makan dan memerikasakan kehamilannya rutin ke tenaga kesehatan. jika ingin bayi yang dikandung sehat dan nyaman,yoga mungkin bisa menjadi salah satu cara,pasalnya yoga untuk hamil tak hanya membuat janin sehat, tetapi juga bisa merilekkan keadaan janin dan membuat nyaman.


yoga merupakan salah satu gerakan seni tubuh olah tubuh dan pernapasan yang awalnya berasaldari india, yoga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh ibu hamil. yoga hamil membantu ibu untuk terhubung dengan sang jabang bayi dan tubuhnya sendiri melalui latihan mendalam dan membangun kewaspadaan pada saat proses melahirkan.

yoga saat hamil bisa dilakukan mulai dari awal kehamilan,selama sang ibu tidakmengalami komplikasi kehamilan yang berisiko tinggi.



Yoga juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil agar lebih bisa menikmati tahapan-tahapan selama hamil serta berbagi pengalaman sesama ibu hamil. Yoga juga dapat membangun kepedulian terhadap tubuh mereka selama masa kehamilan, dapat meningkatkan kekuatan, kelenturan dan kesehatan seluruh tubuh. Gerakan dalam yoga juga mengurangi sakit pinggul serta mengurangi rasa sakit dan pegal pada daerah kewanitaan.

Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu selam 1 jam, Selain itu, yoga sebelum melahirkan bisa juga untuk mengurangi lebam sekitar persendian, membantu persiapan fisik menghadapi proses melahirkan serta meningkatkan kesiapan emosional.

Yoga sebelum kelahiran sangat mendukung kelahiran secara alami, melalui yoga, kita melatih pernafasan yang sangat bermanfaat agar kita lebih peduli pada tubuh kita. Karena prana atau dorangan kehidupan setiap orang itu datang melalui nafas.

Penting sekali untuk melatih pernafasan yang cukup agar memperoleh ketenangan. Karena dengan tarikan nafas yang cukup, akan mengalirkan oksigen dan nitrogen ke sel-sel otak dan memompa cairan spinal ke otak. Untuk itulah bila yoga dilakukan secara teratur pada masa kehamilan, perkembangan otak anak pun agar berkembang dengan pesat.

"Hanya dalam masa kehamilanlah terdapat momen di mana kita bernafas untuk dua orang. Oleh karena

 itu, jika ibu hamil bisa menjaga pola tarikan nafas yang tenang, maka si jabang bayi juga akan mengikuti pola nafas yang sama," ungkapnya.

Dalam melakukan gerakan yoga hamil, memang terdapat sedikit perbedaan dengan gerakan yoga biasa, diantaranya untuk tidak melakukan gerakan berputar, meloncat, menendang atau kayang terutama setelah umur 20 minggu.

Yang juga perlu diperhatikan adalah dalam masa kehamilan, faktor penting untuk mendukung relaksasi ibu hamil adalah juga dengan adanya keterlibatan emosi dari pihak suami. Mintalah suami untuk lebih peduli, lebih perhatian, lebih empati ketika istri sedang menjalani kehamilan. Dukungan suami merupakan hal yang sangat penting.
Agar janin tetap sehat, maka saat bumil melakukan yoga, perlu memerhatikan beberapa anjuran yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah dengan menghindari, menghindari gula dan garam berlebihan, banyak mengkonsumsi asam folat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan bumil. Jangan lupa juga perbanyak konsumsi akan buah, juga sayuran segar, terutama yang organik..

Namun, selama dalam kandungan ibu, janin butuh perawatan agar senantiasa sehat. Beberapa cara pun dilakukan, seperti memperhatikan asupan konsumsi bumil dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi ibu hamil, maka itu juga berarti memperhatikan kelangsungan kesehatan bayi yang ada dalam janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar