Rabu, 07 November 2012


PERAWATAN PAYUDARA


       Payudara menyimpan daya tarik yang luar biasa pada laki-laki. Terkadang, payudara yang tidak kencang atau terkesan mlorot diartikan dengan kesan negatif. Tidak ada satupun yang dapat mengubah ukran payudara secara alami, kecuali jika mengalami kenaikan berat badan ataupun perubahan hormonal seperti pada masa kehamilan dan masa pubertas. Karena itu pandai-pandailah untuk mengenali payudara. Payudara wanita dewasa umumnya memiliki payudara berdiameter antara 10-12cm dengan berat di luar kehamilan sekitar 200gram. Pada akhir kehamilan berat paudara dapat mencapai 400-600gram.
Bentuk puting susu pada wanita ada 3 macam :
1. Puting susu normal
2. Puting susu datar
3. Puting susu masuk kedalam
PERAWATAN PAYUDARA NORMAL
  Payudara sama sensitifnya dengan organ intim wanita lainnya. Jangan menggunakan obat-obatan yang justru akan merusak payudara. Jika berniat melakukan perawatan payudara dengan menggunakan obat-obtan atau teknik-teknik perawatan payudara, sebaiknya berkonsultasi dulu denagn ahlinya. Bila mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memperbesar payudara biasanya mengandung bahan denagn efek yang menyerupai esterogen tanpa pengawasan lansung oleh tim medis akan menimbulkan masalah dan jika kelebihan esterogen dapat menyebabkan kanker payudara.
        Payudara selain terdiri dari kelenjar susu dan lemak juga mengandung kolagen. Semakin menua kolagen ini akan menipis, dan kulit penyangganya akan mengendur. Memang tidak ada yang dapat mencegah hal tersebut bisa terjadi tetapi bisa disiasati dengan mengenakan bra yang tepat sebaiknya dimulai dari usia muda. Mengingat kulit penutup payudara lebih lembut dan tipis dibanding dengan kulit tubuh lain, merawat payudara harus lebih berhati-hati. Terlebih lagi, area disekitar puting susu (areola), kulitnya lebih lembut dan lebih peka. Perawatan payudara bisa dilakukan dengan cara sederhana. Kegiatan ini bisa dilakukan saat mandi dan setelah mandi. Jika tidak habis melakukan kegiatan yang menyebabkan keringat berlebihan atau tidak terlalu kotor, hindari pemakaian sabun di area seputar puting susu (areola). Ini disebabkan karena beberapa jenis sabun dapat mengeringkan kulit disekitar  payudara. Bila puting susu dan areola kering dan pecah-pecah, gunakan pelembab ringan atau minyak sweet almond dua hari sekali untuk tetap menjaga kesehatan dan kelembapanny. Untuk melembutkan sekaligus juga mengaharumkannya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender.

         Kulit payudara elastis
Kulit payudara sangatlah elastis. Untuk menjaga kelembaban payudara sebaiknya diolesi dengan krim pelembab khusu. Hal ini bisa menstimulasi kolagen dan menjaga elastisitas payudara. Jangan abaikan puting payudara. Konsultasikan pada tim medis pelembab apa yang cocok untuk payudara anda.



        Tumbuhnya bulu di sekitar payudara adalah normal
Hampir setiap payudara punya bulu disekitar payudarannya. Namun tingkat pertumbuhannya beragam. Ada yang bentuknya halus tapi ada pula yang bentuknya hitam serta lebat. Hal ini adalah normal, jadi tidak perlu takut jika payudara mulai ditumbuhi bulu yang dinilai berlebihan.

        Setiap payudara mempunyai karakteristik tersendiri
Ternyata puting payudara tak hanya hadir dengan ukuran yang berbeda. Letak dan arah puting antara satu wanita dengan wanita lainnya juga berbeda-beda. Ada puting yang arahnya ke atas, ke bawah, kanan atau kiri tergantung dari struktur dan lingkaran hitam payudara. Lingkaran yang berada di sekitar puting kadang ukurannya lebih besar dan bisa membuat puting mengarah ke atas. Yang lainnya lebih rendah atau dekat dengan tepi payudara. Seorang wanita bisa saja memiliki arah puting yang berbedasatu dengan yang lainnya.
Lakukan perawatan payudara secara teratur, manfaatnya selain untuk menjaga keindahan juga untuk mendeteksi adanya abnormalitas pada payudara.jangan anggap remeh jika merasaada yang kurang nyaman pada payudara. Segera lakukan pemeriksaan payudara. Bagi para wanita yang sudah memasuki usia 30 tahun, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan payudaranya dengan pemeriksaan USG atau Mamografi.

            Bagi wanita yang memiliki latar belakang keluarga yang menderita kanker payudara sedini mungkin memeriksakan diri dan terus melakukan pemeriksaan minimal dua tahun sekali. Pemeriksaan payudara bisa dilaukan sendiri. Biasakan memeriksa payudara sambil berbaribg memutar dan rasakan apakah ada benjolan-benjolan yang tidak wajar.
            Payudara memang tidak bisa diperbesar tanpa adanya tambahan tetapi bisa memantapkan penampilannya dengan olahraga. Lakukan olahraga yang berfokus pada bagian otot dada seperti angkat beban dan renang. Postur tubuh yang baik juga sangat membantu misalnya dengan berdiri dan duduk dengan punggung yang tegak.
          Agar bentuk dan kepadatan payudara bisa optimal, wanita perlu mengenakan BH (Breast Holder), beha atau Bra. BH juag dapat mencegah turunya payudara lebih dini. Meski demikian BH tidak mutlak dipakai 24 jam sehari nonstop. Saat tidur hendaknya BH ditanggalkan. Tujuannya, peredaran darah di payudara bisa lancar. Jika nanti sudah menyusui hendaknya memilih BH yang berlubang pada puting. Dengan demikian payudara tetap tersanggah denahn baik, meski sednag menyusui. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan BH. Jika BH lembab akan gatal dan iritasi.
Selain memakai BH, ada beberapa kiat merawat payudara yaitu :
Masker payudara
        Bertujuan menambah dan mempertahankan kesegaran, kelenturan, dan   kesegaran
Massage
        Bertujan memperlancar peredaran darah. Dimulai dari arah atas. Sekitar puting tidak perlu dipijat
Minum air putih
        Minum jamu. Sebagai upaya mengencangkan payudara dengan perawatan dari dalam.
Olahraga teratur. Khususnya gerakan seputar payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar