Kamis, 06 Desember 2012

Perawatan Stretch Mark





Tak sedikit wanita mengeluh soal stretch mark setelah melahirkan.Ya, selain tidak nyaman di tubuh, penampilan Anda pun jadi tergores keindahannya. Walau tak bisa dihilangkan 100 persen, keberadaannya bisa diminimalisasi dengan perawatan kulit sejak dini. Yuk, telusuri lebih jauh!
 Secara medis stretch mark disebut ‘striae’ dan muncul akibat kulit meregang dalam tempo singkat. Stretch mark tak hanya terjadi pada wanita hamil. Tetapi bisa juga pada orang yang mengalami kegemukan akibat timbunan lemak di dalam tubuh, walau begitu stretch mark memang lebih lebih sering ditemui pada wanita hamil. Hampir 90 persen wanita yang hamil mengalami stretch mark. Biasanya stretch mark muncul pada usia kehamilan 4-5 bulan.
 Munculnya stretch mark ditandai dengan adanya guratan atau garis kemerahan pada permukaan kulit akibat dari peregangan kulit sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Lama kelamaan warna tersebut akan berubah menjadi garis-garis putih. Kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan yang teratas epidermis, lapisan tengah dermis, dan lapisan yang ketiga atau terdalam subcutaneou. Nah, munculnya stretch mark ini sangat berpengaruh dengan lapisan dermis, karena lapisan ini berfungsi untuk mendukung kulit, dan menjaganya agar tetap mulus.

Lapisan ini terdiri dari jaringan elastis yang membuat kulit mampu meregang sesuai kebutuhan tubuh. Tapi bila tubuh semakin membesar dalam tempo singkat, seperti saat hamil, serat ini akan melemah dan akhirnya pecah akibat kulit yang menipis. Karena itu, munculnya stretch mark ditandai dengan menyebarnya pembuluh darah melalui lapisan dermis ke lapisan kulit epidermis yang menipis. Pada ibu hamil, stretch mark umumnya muncul pada bagian payudara, bokong, paha, dinding perut dan lengan bagian luar dan dalam. Biasanya kemunculannya stretch mark diiringi dengan rasa gatal di area yang terkena.
Berikut perawatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark:
  • Mulailah lakukan pencegahan munculnya stretch mark ketika Anda sedang hamil dengan mengkonsultasikannya kepada dokter.
  • Minumlah banyak air untuk menjaga agar kulit tetap lembab, lembut dan juga kenyal. Hindari mengkonsumsi kopi, teh dan soda yang cenderung membuat kulit dehidrasi. Kulit yang terjaga kelembabannya dapat mengurangi munculnya stretch mark ketika masa kehamilan.
  • Oleskan minyak lavender pada stretch mark di perut Anda 3 kali sehari.
  • Aloe vera atau lidah buaya dapat meringankan sekaligus menghapus tanda bekas stretch mark dari tubuh Anda. Caranya, cukup oleskan daging lidah buaya ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau, tomat, hati dan produk susu, serta makanan yang mengandung banyak vitamin A, C, D dan makanan yang kaya akan protein lainnya dalam menu diet Anda.
  • Mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan yang mengandung zat besi, terbukti dapat menghilangkan stretch mark.
  • Mandi dan berendamlah dengan air hangat sambil memijat daerah yang terkena stretch mark secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Cocoa butter bermanfaat dalam mengobati stretch mark. Gunakan cocoa butter dua kali sehari baik pagi maupun pada malam hari di bagian yang mengalami stretch mark. Krim dan lotion yang mengandung cocoa butter tidak hanya dapat membantu mencegah stretch mark muncul, tapi juga akan menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan elastis. Selain dengan menggunakan cocoa butter, Anda juga bisa menggunakan shea butter, minyak jarak, minyak mawar, dan juga minyak jojoba.
  • Selain menggunakan bahan alami seperti di atas, cara lain untuk mengatasi stretch mark adalah dengan cara medis, seperti microdermabrasi, endermologie (mesin pijat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengeluarkan racun), laser therapy (perawatan laser untuk mengurangi dan menghilangkan tanda di kulit) dan cosmetic surgery.
Hasil dari perawatan stretch mark akan berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung kepada usia, jenis kulit dan keturunan. Merawat stretch mark memang membutuhkan waktu yang cukup lama, yang penting Anda harus sabar dan telaten dalam melakukan perawatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar